google-site-verification: google68d4ae72bde1343b.html Yuk Belajar Ekonomi: Menabung Kreatif Ala Mahasiswa Dengan Murah Meriah

Rabu, 23 November 2016

Menabung Kreatif Ala Mahasiswa Dengan Murah Meriah


Sebagai seorang mahasiswa tentu ingin memiliki uang lebih untuk dapat ditabung agar suatu waktu bisa digunakan untuk membeli barang yang diidamkan atau digunakan untuk keperluan lain yang tidak terduga. Tetapi sebagai seorang mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap dan biasanya jauh dari orang tua (merantau),menabung bukan merupakan perkara yang mudah untuk bisa dilakukan oleh mereka(saya merasakan sendiri sulitnya menabung,hehe).

Disini saya ingin berbagi tips bagi kalian para mahasiswa agar bisa mudah menabung,biar uangnya tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Ada 2 tips untuk mempermudah mahasiswa agar bisa mulai untuk rutin menabung yaitu sebagai berikut:

1.Menabung berdasarkan tanggal/hari

Okeh begini penjelesanya teman-teman,dalam 1 bulan kan ada 30 hari kemudian kita mulai menabung dari tanggal 1. Kita mulai menabung dari tanggal 1 sebesar Rp.30 ribu,kemudian tanggal 2 sebesar Rp.29 ribu,dan seterusnya hingga tanggal 30 kita hanya perlu menabung sebesar seribu rupiah saja. Jika hal tersebut masih terasa memberatkan,coba bagi 1 bulan tersebut menjadi 3 bagian menjadi masing-masing 10 hari,sehingga tanggal 1 kita menabung 10 ribu dan tanggal 10 kita menabung seribu rupiah. Kemudian diulangi lagi pada tanggal 11 menabung sebesar 10 ribu dan tanggal 20 sebesar seribu,dan diulangi lagi pada tanggal 21 hingga akhir bulan. Jika cara tersebut masih terasa berat juga,kita bisa lakukan berdasarkan hari. Jika 1 minggu ada 7 hari,maka dimulai hari Senin kita menabung sebesar 7 ribu dan pada hari minggu kita cukup menabung sebesar seribu,cara menabung berdasarkan hari sangat mudah untuk dilakukan untuk mahasiswa

2.Tabungan fungsional

Untuk memulai cara ini,mahasiswa memerlukan barang-barang sebagai berikut:
1.2 botol aqua ukuran besar

2.Cutter

3.Solasi



Setelah alat-alat sudah disiapkan,kita ambil 1 aqua dan cutter. Kemudian dengan menggunakan cutter,irislah dibagian tengah aqua tadi menjadi 2,seperti gambar berikut:

Untuk aqua yang satunya lagi,masih dengan menggunakan cutter yang tadi lubangi sedikit dibagian atas aqua. Seperti gambar berikut:

Setelah aqua tadi dilubangi seperti gambar diatas,tutuplah seluruh bagian aqua dari atas sampai bawah kecuali lubang yang sudah dibuat dengan solasi yang sudah disediakan. Seperti gambar berikut ini:

Mungkin timbul pertanyaan dari teman-teman untuk apa 2 aqua tersebut tadi kan? Okeh disini saya akan jelaskan kegunaanya. Misalkan anda berniat untuk menabung setiap hari Rp.5 ribu,nah 2 aqua ini memiliki fungsi yang berbeda teman-teman,untuk aqua yang ditutup dengan solasi digunakan untuk menabung dan baru boleh diambil ketika uang yang ada di aqua tersebut penuh dan fungsi dari solasi tersebut adalah agar teman-teman tidak tergoda untuk mengambil uang yang ada di aqua sebelum terisi penuh,hehe. Kemudian aqua  satu lagi yang dibelah jadi 2 digunakan bagi teman-teman,untuk menaruh uang sisa yang dapat digunakan sewaktu-waktu bila dibutuhkan,bisa untuk beli buku,bayar loundry,buat malam mingguan atau belanja barang di toko online seperti lazada,tokopedia dan toko online lain,hehe. Nah bagi teman-teman yang ingin tahu jenis jenis toko online di Indonesia bisa klik disini. Murah meriah kan buatnya teman-teman,silahkan dicoba di rumah/kos yahh.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yak.Terima kasih sudah membaca artikel saya,See you for next artikel.

1 komentar :